Menghilangkan Rasa Insecure

August 19, 2020

Insecure adalah istilah untuk menggambarkan perasaan tidak aman yang membuat seseorang merasa gelisah, takut, malu, hingga tidak percaya diri. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang menjadi insecure, mulai yang berasal dari luar atau dari dalam diri sendiri.

Beberapa diantara kalian mungkin pernah mengalami atau sedang mengalami perasaan insecure saat ini, karena itu postingan ini tentang "Cara Menghilangkan Rasa Insecure" berikut diantaranya.

1. Percaya dengan diri sendiri

Rasa percaya diri merupakan perpaduan antara keyakinan dan kemampuan dalam menghargai diri sendiri. Kepercayaan diri termasuk dalam ranah psikologi karena berkaitan dengan proses mental yang berpengaruh pada perilaku. Rasa percaya diri berhubungan dengan cara seseorang dalam memandang diri sendiri baik kekuatan maupun kelemahan yang dimiliki.

Rasa percaya diri bukanlah sesuatu yang absolut dan stagnan. Artinya, kondisi mental ini bisa dibangun dan ditingkatkan sehingga memberikan dampak positif bagi kehidupan seseorang. Intinya, membangun rasa percaya diri dimulai dari mengenal diri sendiri. Ketika seseorang mampu mengenal dirinya sendiri dengan baik, maka ia dapat mengeksplorasi hal-hal positif dalam dirinya yang kemudian divisualisasikan melalui sikap dan perilaku juga penampilan.

2. Hentikan kebiasaan membanding-bandingkan dengan orang lain

Membandingkan diri dengan orang lain adalah kebiasaan yang sangat sulit dihentikan, apalagi dengan kondisi kehidupan saat ini yang selalu menuntut kesempurnaan. Ketika mengukur pencapaian dan keberhasilan, kita bisa terus menaikkan targetnya. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah hal yang wajar, bahkan jika akhirnya kita merasa iri. Tetapi, jangan sampai Anda terfokus pada hal yang keliru dengan lebih memperhatikan kekurangan ketimbang kebaikan Anda. Hal ini bisa membuat Anda semakin putus asa dan sulit mengembangkan berbagai aspek kehidupan Anda sendiri.

3. Mencari banyak teman

Semakin banyak teman yang kamu punya, maka semakin berwarna pula kehidupan yang kamu punya. Sebaiknya kamu memperluas lagi pergaulanmu supaya kamu bisa bertemu dengan banyak orang yang mempunyai beraneka sifat dan kepribadian. Dengan cara itu, kamu bisa mengamati dan menambah wawasanmu sebagai cara kamu untuk menghilangkan rasa pemalu. Perhatikan teman-temanmu yang supel dan juga mudah bergaul agar kamu bisa menghilangkan rasa pemalu yang kamu miliki. Itu merupakan cara merubah kepribadian menjadi lebih baik lagi.

4. Mengubah penampilan

Tak bisa dipungkiri memang jika penampilan adalah hal yang penting bagi semua orang. Meskipun penampilan bukan segalanya, tapi mengubah penampilan sesuai kepribadianmu akan menunjukkan siapa identitas dirimu sebenarnya dan bisa membuat kamu semakin percaya diri di depan orang lain. Maka, cobalah untuk merubah gaya penampilan supaya kamu nampak lebih menarik lagi. Perlu kamu ketahui jika  berpenampilan menarik akan meningkatkan rasa percaya dirimu.

5. Keluarlah dari zona nyaman

Rasa pemalu biasanya timbul karena kamu merasa tidak lebih berarti dari orang lain dan hidup dalam dunia yang tidak semenarik hidup orang lain. Maka kamu harus mencoba untuk keluar dari zona nyaman. Keluar dari zona nyaman bisa menyegarkan kembali dirimu yang mulai jenuh dalam menjalani hidup. Hal ini bisa memberikan kamu semangat untuk kembali terjun ke masyarakat umum dengan penuh kepercayaan diri.

Sekian postingan ini semoga bermanfaat, terima kasih telah membaca dan untuk informasi lainnya di hitamkusut.blogspot.com . 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »