Cara Mengatasi Kinerja Laptop Yang Lambat

March 15, 2019

Pada postingan kali ini kami akan membahas beberapa Cara Mengatasi Kinerja Laptop Yang Lambat diantaranya;

1. Hapus program yang tidak pernah di pakai 
Karena software yang tidak pernah dipakai hanya membuat drive penuh dan jika terdapat proses pada background, itu sangat mengganggu karena semakin banyak memory dari RAM yang dipakai.

2. Matikan Program Startup 
Karena sama saja menjalankan program ketika perangkat dalam keadaan mulai dihidupkan. Cukup matikan program startup yang tidak penting saja.

3. Hapus file sampah
Biasanya dinamakan file temporraty atau sementara, tapi ini juga bersifat sebagai sampah karena hanya file cache saja yang biasanya ada pada browser. Jika tidak dihapus akan bertambah hingga berGB besarnya. Selain memenuhi drive sistem, juga memberatkan kinerja laptop, karena ada pada drive sistem.

4. Sisakan ruang besar untuk sistem
Selayaknya ponsel, jika internal memory berukuran sedikit, pasti akan sangat lambat, begitu pula laptop, jika drive C penuh akibat file backup, system restore point, sebaiknya dipindahkan atau dihapus saja.

5. Upgrade RAM atau Hardisk
Banyak yang masih bingung pilih upgrade yang mana RAM atau Hardisk?
Sederhananya jika kalian ingin bekerja sekaligus banyak (multitasking) memerlukan membuka aplikasi yang banyak untuk bekerja sebaiknya utamakan upgrade RAM namun jika kalian ingin bekerja dengan cepat, baik memproses data, membuka aplikasi dengan cepat kalian bisa upgrade Hardisk ke SSD. Sesuai kebutuhan kalian masing- masing

5. Ganti dengan antivirus Avast
Gunakan antivirus yang tidak membuat kinerja perangkat menjadi lambat akibat proses background yang memakan banyak memory RAM, lebih baik menggunakan anti virus yang terbukti hanya memakan sedikit memory RAM yang tersedia, dibanding yang lainnya, antivirus Avast jauh lebih cocok untuk laptop low-end.

Semoga bermanfaat, informasi lainnya di hitamkusut.blogspot.com Sekian

Artikel Terkait

Previous
Next Post »