Penghalang Kekuatan Sinyal Wifi

August 05, 2017
Pada postingan kali ini, kami akan membahas "Penghalang Kekuatan Sinyal Wifi".

Pada zaman sekarang, penggunaan internet sudah menjadi sebuah "kebutuhan". Mulai dari main game, sosial media, streaming video, baca berita, download, atau lainnya. 

Karena itu dibutuhkan sinyal yang bagus, yang berdampak pada kecepatan internet yang bagus pula. Namun jika sinyal yang kita terima buruk, kita sering menyalahkan provider atau bahkan perangkat yang kita pakai, padahal bisa saja ada yang menghalangi sinyal yang kita terima. 

Apa saja penghalang sinyal itu? sebagai berikut,

1. Tembok
Mengapa tembok menjadi penghalang signal wifi?  Kalian pengguna wifi dengan jangkauan 2 meter -pun akan merasakan efek penurunan kualitas bila ada tembok yang menghalangi antara perangkat pemancar wifi ( hotspot ) dengan perangkat penerima wifi . 

Ketebalan tembok juga memberi dampak karena, Semakin tebal tembok semakin memperlemah signal dan transfer datanya. Jadi apabila pengguna wifi merasa sinyal-nya turun walau ada di suatu area yang berdekatan silahkan dilihat dahulu berapa jumlah baris tembok yang menghalangi. semakin banyak sekat tembok maka semakin lemah pula daya tangkap signal.

2. Benda yang bergerak.
Maksudnya, bila anda berada di luar ruangan dan anda mendapat signal lurus dari seberang jalan rumah, tentu ada kendaraan yang lalu lalang, itulah yang menjadi penghalang. Walau kendaraan tersebut tidak berhenti tepat di depan anda dan berjalan seperti biasa, namun kendaraan seperti mobil, truk atau lainnya tetap menjadi penghambat signal wifi. Semakin padat dan merayap kendaraan, akan menjadi sebagai penghalang. Yang akibatnya semakin tidak stabil sinyal wifi yang anda dapatkan.

3. Hujan
Mengapa hujan bisa menyebabkan melemahnya signal wifi ?. Logikanya seperti ini, Seumpamanya Bila ponsel anda menangkap signal dari jarak 20 meter, dan ketika itu ada hujan dengan curah air yang lebat maka hujan tersebut akan menjadi perisai antara anda dan pemancar wifi. Dan juga, semakin lebat hujan semakin memperlemah tangkapan signalnya.

4. Pepohonan

Pohon seperti penghalang lainnya juga  merupakan salah satu penghambat signal wifi. Padahal semakin rimbun dan besar pepohonan merupakan penengah antara anda dan pemancar signal wifi ( hotspot ) maka semakin tinggi pula kemungkinan penurunan signal wifi pada perangkat anda.

Sekian postingan kami kali ini maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung. Sampai jumpa

Artikel Terkait

Previous
Next Post »