Pentingnya Optimis Dalam Kehidupan Sehari- hari

March 04, 2017

Pengertian Optimis
Optimis adalah sikap yang selalu berpengharapan baik dalam menghadapi segala sesuatu. Rasa optimis adalah perasaan yakin terhadap sesuatu yang baik akan terjadi yang memberi harapan positif serta menjadi pendorong untuk berusaha ke arah kesuksesan. Dengan sikap optimis, seseorang akan bersemangat dalam menjalani kehidupan, baik demi kehidupan di dunia maupun dala menghadapi kehidupan akhirat.

Pentingnya Bersyukur Dalam Kehidupan Sehari- hari klik di sini
Optimism

Nilai Positif Optimis
Pertama : Berpengharapan baik kepada Allah
Sikap optimis dalam ajaran islam adalah perasaan yakin akan datangnya kesuksesan namun ia tidak melupakan Allah Swt. Sebagai penentu segala sesuatu.

Kedua : Berpikir Positif
Berpikir positif dapat membangkitkan semangat juang seseorang untuk mewujudkan harapannya. Ia memandangkan segala sesuatu dapat memberikan pelajaran dan hikmah kepadanya.

Ketiga : Percaya diri, berani dan bertanggung jawab
Orang yang optimis akan memiliki rasa percaya diri yang besar dan berani dalam mengharapi bahaya, rintangan, dan tidak takut mempertahankan keberanian. Keberanian disini ialah keberanian pemikiran dan keberanian moral yang dapat dipertanggung jawabkan di hadapan manusia lebih- lebih di hadapan Allah Swt.

Keempat : Orang yang optimis lebih disukai Allah
Seseorang yang optimis akan lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada orang yang lemah. Seseorang akan berjuang sekuat tenaga untuk mewujudkan cita- citanya dengan penuh keikhlasan tanpa sedikitpun rasa takut dan khawatir akan mengalami kegagalan.

Kelima : Mengambil pelajaran berharga dalam setiap kesulitan
Optimisme merupakan sebuah sikap yang akan menguatkan seorang individu untuk terus berusaha pantang menyerah guna mencapai tujuan dan cita- cita yang diharapkan, meskipun seberat apapun kesulitan yang dilalui.

Hikmah perilaku optimis
1. Optimisme adalah sebuah keyakinan yang akan membawa pada terwujudnya cita- cita dan harapan.

2. Berpikir positif akan memberikan kekuatan untuk bersikap dan bertingkah laku yang positif pula.

3. Memiliki kepercayaan diri dalam menjalani kehidupan yang semakin berat.

Sekian postingan kami kali ini, maaf bila ada kesalahan, terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »