Tips Mendapat Beasiswa Kuliah

February 12, 2017

Biaya kuliah yang lumayan mahal membuat para calon mahasiswa berlomba- lomba mencari beasiswa ke berbagai tempat untuk memperingan biaya sekolah mereka di universitas nantinya. Semua mahasiswa tentu mengharapkan mendapat beasiswa. Beasiswa dapat diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan ataupun yayasan. 

Namun tidak semua mengerti cara mendapatkanya. Maka postingan ini, kami akan membahas "Tips Mendapat Beasiswa Kuliah" diantaranya: 

1. Lihat peluang yang ada
Bagi kamu yang sudah menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi mana saja, kamu harus dengan jeli memperhatikan peluang-peluang yang ada, dengan cara  rajin-rajinlah mengunjungi TU, untuk bertanya apakah ada beasiswa bagi mahasiswa di kampus tersebut. Jika ada, manfaatkan peluang tersebut, jika tidak ada maka sobat sekalian bisa mencari di luar kampus, bisa dari pemerintah atau perusahaan swasta tempat orang tua kamu bekerja. Jika kamu  mendapat kabar beasiswa dari pemerintah, maka kamu harus segera mendaftarkan sebagai calon penerima beasiswa tersebut, dengan memperhatikan kemampuan atau prestasi yang kamu punya.

Kemampuan kamu bisa dari segi olahraga atau dari segi akademik. Jadi, kita harus benar-benar melihat peluang yang ada.

2. Rajin belajar
Belajar adalah modal utama untuk medapatkan beasiswa. Rajinlah belajar, maka kesempatan yang sobat punya semakin besar. Terutama untuk sobat yang sudah berkuliah di PTN yang menyediakan beasiswa. Bagaimana mungkin kamu akan mendapatkan beasiswa apabila nilaimu tidak memenuhi persyaratan. Bukan hanya nilai yang menjadi sarat untuk mendapat beasiswa, namun dari segi ekstrakulikulerpun kamu bisa mengajukan ke universitas untuk mendapatkan beasiswa. Intinya, kamu harus rajin belajar, bukan hanya dari segi akademik tapi bisa dari segi ekstrakulikuler.

3. Rajin buka website
Tips ini tidak wajib dilakukan, tapi bisa membantu kamu untuk mencari kabar beasiswa tersebut, terutama beasiswa dari pemerintah Indonesia. Banyak orang atau pelajar yang kurang mengetahui kabar beasiswa karena kurang sosialisasi dari pemerintah dan lebih sering disebarkan melalui dunia maya. Jadi, rajin-rajinlah buka website yang tentunya berhubungan dengan beasiswa. 

Sekian postingan kami, Maaf bila ada kesalahan, Terima kasih telah berkunjung dan Sampai Jumpa

Artikel Terkait

Previous
Next Post »